Minggu, 23 Januari 2011

Metode Penelitian



E. Metode penelitian
1.     Tipe Penelitian
Jenis penelitian ini menggunakan metode deskriftip artinya melukiskan Variabel demi variable, satu demi satu bertujuan untuk :
a.     Mengumpulkan informasi aktual secara rinci yang melukiskan gejala yang ada.
b.     Mengidentifikasi masalah atau memeriksa kondisi atau praktek yang berlaku
c.     Membuat perbandingan atau evaluasi
d.     Menentukan apa yang dilakukan orang lain dalam menghadapi masalah yang sama dan belajar dari pengalaman mereka dalam menetapkan rencana keputusan pada waktu yang akan datang
2.     Lokasi Penelitian
Lokasi yang ditetapkan dalam melaksanakan penelitian untuk memperoleh data yang nantinya akan digunakan untuk menyusun Tugas Akhir adalah Kantor Pertanahan Kabupaten Gowa alamat di ya cari sendiri!!!
3.     Tehnik Pengumpulan Data
Data yang dikumpulkan dalam peneliti ini dapat digolongkan menjadi dua antara lain :
a)    Data primer, berupa data yang langsung didapatkan dalam penelitian dilapangan. Data yang diperoleh dari wawancara secara mendalam (deftinterview).
b)    Data sekunder, data yang diperlukan untuk melengkapi data primer.
Adapun data sekunder tersebut antara lain :
1)    Bahan hukum primer, yang merupakan bahan-bahan hukum yang mempunyai kekuatan mengikat, yaitu peraturan perundanganundangan yang terkait dengan tentang pelaksanaan pendaftaran tanah
2)    Bahan hukum sekunder, yaitu bahan-bahan yang erat hubungannya
dengan bahan hukum primer dan dapat membantu menganalisa bahan hukum primer yaitu :
                                  I.     Buku-buku ilmiah
                                II.     Makalah-makalah
                              III.     Hasil-hasil penelitian dan wawancara

4.     Apa itu no4 namanya mungkin begini kali
Pengumpulan data dan sumber informasi yang penulis lakukan yaitu dengan:
a.     Wawancara atau interview
Wawancara atau interview yaitu mengajukan sejumlah pertanyaan secara lisan untuk dijawab secara lisan pula, adanya kontak langsung dengan tatap muka antara pencari informasi (interviewer) dan sumber informasi (interviewee), (Rachman, 1999: 83). Dalam penelitian ini penulis melakukan wawancara langsung pada nara sumber yang terkait berhubungan dengan tugas dan tanggung jawab dalam pengurusan mengenai pemberian hak milik atas tanah negara yaitu:
Nama       :
NIP           :
Jabatan    : Kepala Seksi Hak-hak Atas Tanah
dan pegawai lainnya yang telah mendukung dalam penulisan tugas akhir ini seperti:
Nama       :
NIP           :
Jabatan    : Kepala Sub Seksi Pemberian Hak Atas Tanah atau lainya yang berkaitan bidangnya
b.     Metode Dokumentasi
Dokumentasi yaitu pengumpulan data berdasarkan dokumen-dokumen yang diberikan oleh BPN Kab. Gowa untuk menunjang penyusunan tugas akhir agar lebih memahami pokok-pokok permasalahannya yang ada di Seksi Hak Atas Tanah (HAT) mengenai hal-hal yang menyangkut tata cara pemberian hak milik atas tanah untuk mewujudkan catur tertib pertanahan, data pendukung yang terkait dengan tata cara pemberian hak milik atas tanah seperti buku tanah.
c.     Kajian Pustaka
Kajian pustaka yaitu dengan cara membaca dan mencatat literature yang berhubungan dengan peranan pemerintah dalam pemberian hak milik atas tanah untuk mewujudkan catur tertib pertanahan di kabupaten gowa .
5.     Tehnik Analisis Data
Dalam penelitian ini teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis kualitatif. Maka dari data yang telah dikumpulkan secara lengkap dan telah di cek keabsahannya dan dinyatakan valid, lalu diproses melalui langkahlangkah yang bersifat umum, yakni :
a)    Reduksi data adalah data yang diperoleh di lapangan ditulis/diketik dalam bentuk uraian atau laporan yang terinci. Laporan tersebut direduksi, dirangkum, dipilih hal-hal yang pokok, difokuskan pada hal-hal yang penting, dicari tema dan polanya.
b)    Mengambil kesimpulan dan verifikasi, yaitu data yang telah terkumpul telah direduksi, lalu berusaha untuk mencari maknanya, kemudian mencari pola, hubungan, persamaan, hal-hal yang sering timbul dan kemudian disimpulkan rasional dan sistematis.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar